penggunaan article

Penggunaan article

Kesalahan Fatal yang Muncul

Penggunaan article dalam bahasa Inggris penting peranannya. Hal ini untuk menjelaskan sesuatu yang kamu maksud. Kebayang jika kalian salah dalam menggunakan article ketika menyebutkan sesuatu. Tentu saja arti dan maksudnya jadi salah dan akhirnya terjadi miskomunikasi.

Contoh case study: kamu mau bilang ‘jangan minum air itu’ dengan bahasa Inggris. ‘don’t drink water’, tentunya kamu bakal membuat orang itu marah. Karena ‘don’t drink water’ konteksnya adalah ‘jangan minum air’. Jadi kamu melarang lawan bicaramu untuk tidak meminum air. Padahal maksud kamu adalah ‘don’t drink the water’ yang maksudnya adalah ‘jangan minum air itu.

Penggunaan article “a” dan “an”

Prinsip pertama untuk article a dan an adalah untuk digunakan pada countable noun (benda yang bisa dihitung). Sederhananya please bear in mind yeah, do not ever use these articles with uncountable noun. Selanjutnya untuk mempermudah pemahaman kita, ada dua kata kunci yang bisa digunakan. A dan an secara jumlah hanya bermakna tunggal. Sedangkan secara arti (sebuah) menandakan sesuatu yang belum jelas barang atau benda mana yang dimaksud. Perhatikan contoh perbandingan berikut untuk mempermudah kamu.

“I want an apple for my breakfast” fokus pada apel yah. Arti ‘an apple’ dalam kalimat tersebut adalah ‘sebuah apel’. Kata ‘sebuah’ menandakan tunggal dan secara arti belum jelas apel mana yang dimaksud. Bandingkan dengan kalimat ” I want the apple”. Kalimat kedua ini sudah dengan jelas yang diinginkan adalah apple ‘itu’ (makna kata the). Sudah cukup jelas bukan.

Selanjutnya, kita bandingkan a dan an dengan kata jamak yang sama-sama memiliki arti umum (kita belum tau benda mana yang dimaksud). Perhatikan perbandingan berikut yah. ” I like an apple” dengan ” I like apples”. Mana lebih umum? Tentu jawaban yang tepat adalah yang kedua. Mengapa? Ketika kamu mengungkapkan kata jamak, artinya kamu ingin mengungkapkan apel apapun (yang penting apel) atau apel apapun yang ada di dunia ini. Contohnya ” Apples are vegetables”. Namun jika kamu menggunakan kalimat pertama, kamu hanya ingin mengungkapkan sebuah apel saja. Jadi bukan yang penting apel, hanya sebuah apel saja walaupun masih belum jelas jenis apel apa yang penting bukan seluruh apel yang ada di dunia ini.

Penggunaan article “the”

Nah, jika ‘a’ dan ‘an’ bermakna tunggal dan masih belum jelas bendanya, ‘the’ malah kebalikannya. Secara singkat, article ‘the’ ini kita gunakan untuk mengungkapkan benda yang sudah jelas banget. Dan satu lagi yang perlu kamu perhatikan, “the” bisa digunakan untuk countable dan uncountable. Sehingga “the” tidaklah sulit untuk digunakan. Dia hanya memiliki satu fungsi universal yakni memperjelas benda, sesuatu, atau hal tertentu. Contohnya; ” I like the coffee” jelas kopi ‘itu’ saja yang disuka bukan semua model kopi. Contoh kedua ” I want the apples” jelas hanya beberapa apel yang di tunjuk “the” itu saja yang dia mau. Bukan seluruh apel yang ada didunia ini. Well guys, udah jelas banget kan penjelasan tentang penggunaan article dalam bahasa Inggris. Kalo masih perlu perbandingan materi, silahkan tonton video youtube berikut yah.

1 komentar untuk “Penggunaan article”

  1. Ping-kembali: Sejarah Kampung Inggris Tempat Kursus Bahasa Inggris Yang Populer • Kampung Inggris Pare | Nowadays English

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *